Category: Lapangan

Aksi Pep Guardiola di Turnamen Golf Icons of Football

Aksi Pep Guardiola di Icons of Football

Bermain golf memang merupakan kegiatan yang kerap dilakukan oleh para elit untuk mengisi waktu luang disela-sela kesibukan mereka. Alasan para kaum jetset tersebut memilih olahraga golf adalah karena selain manfaat golf bagi kesehatan, juga karena alasan bisnis. Sparing Golf memang kerap dimanfaatkan para eksekutif  untuk memperluas jaringan bisnis yang mereka miliki.

Pukulan ajaib Pep Guardiola
Pukulan ajaib Pep Guardiola

Cabang olahraga yang satu ini tidak hanya menjadi favorit para pebisnis saja. Sejumlah publik figur dalam sepakbola ternyata juga menggemari olahraga yang satu ini. Adalah sosok manajer Manchester City, Pep Guardiola yang belum lama ini mengikuti sebuah event golf amatir bertajuk Icons of Football. Ini merupakan sebuah event amatir yang dikhususkan untuk tokoh sepakbola yang gemar bermain golf.

Dalam turnamen tersebut Pep tidak sendiri, melainkan banyak juga tokoh-tokoh sepakbola lainnya yang mengikuti event Golf Icons of Football ini. Sebut saja Ryan Giggs, James Milner, Andy Cole, Dwight Yorke dan bahkan pemain legendaris seperti Gabriel Batistuta hingga Peter Schmeichel. Selain karena kehadiran sejumlah nama besar dalam sepakbola tersebut, ada lagi yang membuat event ini menarik perhatian.

Skill Golf Pep Guardiola Yang Bikin Heboh

Selain dari deretan peserta dalam event Golf Icons of Football tersebut, ada satu hal yang membuat event tersebut. Adalah momen ketika Pep Guardiola melakukan pukulan dan langsung masuk ke dalam lubang. Yang membuat pukulan Pep ini menjadi fantastis adalah situasi sulit yang membuat pukulan tersebut terihat mustahil. Saat itu Pep sedang dalam kondisi hendak mencetak 12 par.

Aksi Pep Guardiola di Icons of Football
Aksi Pep Guardiola di Icons of Football

Manajer Manchester Biru mengalami kesulitan ketika ingin mencatat 12 par. Akan tetapi Pep tidak habis akal, pelatih berkepaala plontos tersebut melakukan pukulan chip dengan begitu cerdiknya. Hasilnya sungguh mengejutkan, bola langsung masuk dengan lancarnya ke dalam lubang. Momen tersebut sontak membuat pemain lainnya terkejut. Banyak yang tidak menyangka Pep bisa berhasil melakukan pukulan sulit seperti itu.

Beruntung seorang pegolf asal Inggris, Lee Westwood berhasil mengabadikan momen luar biasa tersebut ke dalam bentuk video. Westwood juga telah mengunggah dan membagikan video tersebut di akun Instagram pribadinya. Video tersebut berhasil mendapat banjir like dan komen. Hal ini lantas membuat nama Pep Guardiola menjadi buah bibir di kalangan para pemain golf.

Event Golf Icons of Football merupakan sebuah event yang dibuat khusus untuk para tokoh sepakbola. Dalam event in terbagi dua tim, yaitu Tim England dan Tim Rest of The World. Tim England berisikan para tokoh yang memiliki kewarganegaraan Britania Raya. Untuk sementara ini, tim England sendiri masih unggul tujuh poin dari tim Rest of the World.

Main Golf, Muller Ikuti Jejak Eks Pelatihnya

Tidak hanya Pep Guardiola yang kini mulai menggeluti olahraga golf. Bahkan mantan anak asuhnya di Bayern Munchen, Thomas Muller pun mengikuti jejak sang mantan pelatih dalam menekuni olahraga pebisnis yang satu ini. Bahkan penyerang tim nasional Jerman tersebut pun terbilang gila-gilaan menekuni hobi baru nya ini. Terlihat dari bagaimana Muller mengisi waktu luangnya di libur akhir musim.

Muller mulai tekuni Olahraga Golf
Muller mulai tekuni Olahraga Golf

Seperti saat timnas Jerman berlaga di Piala Konfederasi 2017. Nama Muller tidak termasuk ke dalam skuad Der Panzer. Ini membuat sang pemain bisa menikmati liburan dengan bebas. Akan tetapi, alih-alih menghabiskan waktu liburannya di tempat destinasi wisata seperti pemain pada umumnya, Muller memilih kegiatan lain. Sang pemain memilih untuk mengikuti kejuaraan golf BMW International Open di Munchen dengan status sebagai pegolf amatir.

Ini merupakan hal yang cukup unik untuk ukuran pemain sepakbola profesional yang berlaga di koompetisi benua eropa. Melihat permainan Muller pun, banyak yang tidak percaya jika sang pemain merupakan seorang golf amatir. Bakat  Muller ini bisa merupakan investasi bagi masa depannya kelak ketika sang pemain telah ganti sepatu.

Trump Organization Akuisisi Lapangan Golf Indonesia

Bali Nirwana Resort yang merupakan bagian dari proyek Trump

Kabar mengejutkan datang dari salah satu raksasa media di Indonesia, MNC Group. Perusahaan milik Hary Tanoesoedibjo tersebut dikabarkan tengah menggarap sebuah mega proyek dengan perusahaan milik orang nomor satu Amerika Serikat saat ini, Donald Trump. Belum lama ini beredar sebuah video promosi proyek lapangan golf yang berlokasi di Bali, Indonesia.

Proyek milik Presiden Amerika Serikat, Donald Trump merambah Indonesia
Proyek milik Presiden Amerika Serikat, Donald Trump merambah Indonesia

Dalam video tersebut terlihat bagaimana keindahan landscape ribuan hektar lahan di Indonesia yang akan disulap oleh Trump Organization menjadi lapangan golf super mewah dan megah. Bekerja sama dengan perusahan milik Hary Tanoe, dikabarkan proyek ini merupakan pintu masuk perusahaan presiden paling kontroversial di Amerika tersebut menuju pasar Asia.

Meski memiliki potensi bisnis yang luar biasa, ternyata proyek Trump International Golf Course ini menuai kontroversi. Sejumlah aktivis yang terdiri dari pecinta lingkungan, pengamat ekonomi hingga para pemain golf itu memprotes langkah MNC Land yang bekerja sama dengan Trump Organization ini. Menurut mereka, langkah bisnis ini dapat menyebabkan eksploitasi alam secara massive.

Mantan Pemain Sepakbola Dunia Kritik Langkah Bisnis Trump

Sebagai seorang mantan pemain sepakbola profesional dunia, nama Jay-Jay Okocha tentu tidak asing bagi anda pecinta sepakbola era 90-an. Eks pemain tim nasional Nigeria tersebut kini memang tengah menekuni olahraga golf secara profesional. Pria yang dulu berposisi sebagai penyerang ketika masih aktif bermain ini mulai menekuni golf sejak dirinya gantung sepatu dari sepakbola.

Okocha memprotes proyek lapangan golf Trump
Okocha memprotes proyek lapangan golf Trump

Kini Okocha mulai serius terjun dalam olahraga yang terkesan eksklusif ini. Meski begitu, pria yang sempat bermain untuk PSG ini ternyata memiliki kepedulian yang tinggi terhadap alam. Sehubungan dengan kabar Trump Organization yang hendak membangun sebuah golf course terbesar di dunia, Okocha mengaku geram. Ini dikarenakan dirinya yang merasa bahwa proyek lapangan golf tersebut berdampak kerusakan alam di Bali.

Bukan rahasia lagi memang jika Okocha memiliki kepedulian terhadap Bali. Pulau dewata memang merupakan etalase pariwisata milik Indonesia yang merupakan favorit banyak orang di seluruh dunia. Maka tidak heran jika seorang pegolf seperti Okocha pun tidak setuju tempat tersebut dieksploitasi, meskipun dalam bentuk proyek lapangan golf.

“Ya saya memang mencintai olahraga golf. Ini merupakan satu-satunya olahraga yang bisa menerima saya setelah saya berhenti dari sepakbola. Namun melihat keserakahan penguasa semacam Trump, membuat saya kesal. Tidak seharusnya alam seindah Bali dieksploitasi seperti itu, bahkan jika itu untuk lapangan golf. Tidak, saya tidak akan pernah setuju dengan proyek itu,” tutur Okocha dalam sebuah wawancara.

Proyek Lapangan Golf Trump Seluas 3000 Hektar

Seperti jargon yang kerap digembar-gemborkan Donald Trump ketika masa kampanye, ‘Make America Great Again!’. Tampaknya kalimat tersebut kini mulai meperlihatkan realisasinya. Trump Organization yang merupakan sebuah perusahaan milik Trump tersebut kini mengumumkan kerjasamanya dengan salah satu pengusaha Indonesia. Siapa lagi kalau bukan pemilik MNC Group, Hary Tanoesoedibjo.

Bali Nirwana Resort yang merupakan bagian dari proyek Trump
Bali Nirwana Resort yang merupakan bagian dari proyek Trump

Trump menjalankan bisnisnya di Indonesia melalui DT Bali Technical Services Manager LLC, DT Marks Bali. Kemudian DT Lido Technical Services Manager LLC dan DT Marks Lido. Di Bali dan Lido, bisnis Trump menggandeng perusahaan lokal masing-masing PT Bali Nirwana Resort dan PT Lido Nirwana Parahyangan. Kedua perusahaan ini merupakan milik pengusaha Hary Tanoesoedibjo.

Di Lido, Donald Trump bakal membangun taman hiburan di atas lahan seluas 3.000 hektare. Mereka bakal membangun resor mewah bintang 6, lapangan golf kelas international, juga vila dan kondominium mewah. Selain itu, proyek megah ini juga bakal terintegrasi dengan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi milik MNC Group yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

Footgolf, Kombinasi Olahraga Golf dan Sepakbola

Football + Golf = Footgolf

Mencari benang merah antara sepakbola dan golf merupakan hal yang sulit untuk dibayangkan. Paling korelasi antara dua cabang olahraga tersebut hanya ada pada pemain sepakbola yang hobi  bermain golf,seperti Gareth Bale. Atau tentang seorang pegolf profesional yang mengidolakan klub sepakbola, seperti Sergio Garcia yang sangat mengidolakan raksasa Spanyol, Real Madrid.

Footgolf bisa dimainkan pria ataupun wanita
Footgolf bisa dimainkan pria ataupun wanita

Akan tetapi kini ada juga titik temu antara cabang olahraga sepakbola dan golf. Bukan dari para pemain kedua cabang olahraga yang memiliki hobi terhadap sepakbola maupun golf. Kali ini yaitu tentang jenis olahraga yang merupakan gabungan dari cabang olahraga sepakbola dan golf. Penggabungan dari dua cabang olahraga ini disebut dengan olahraga Footgolf (Football + Golf).

Cabang olahraga yang satu ini memang terbilang baru dalam dunia perolahragaan. Diresmikan pada November 2011 sebagai salah satu cabang olahraga baru, Footgolf baru memiliki organisasi satu tahun kemudian. Organsasi yang menaungi cabang olahraga Footgolf ini bernama Federasi Internasional Footgolf (FIFG). FIFG itu sendiri memiliki 20 anggota dari berbagai negara ketika awal mereka terbentuk.

Komentar Positif Bale Tentang Footgolf

Footgolf adalah permainan golf dengan menggunakan kaki sebagai pemukul dan bola ukuran lima. Karena ukuran yang besar, lubang footgolf pun menyesuaikan. Ukuran lubangnya berdiameter 21 inchi dan memiliki tiang bendera sebagai penanda, di bagian tengah. Para pemain akan memulai pertandingan dengan menendang bola dari tee box, sama seperti golf.

Wayne Rooney menjajal permmainan Footgolf di Leeds, Inggris
Wayne Rooney menjajal permmainan Footgolf di Leeds, Inggris

Sistemnya pun sama seperti golf dengan menggunakan par sebagai acuan angka. Arena yang digunakan tentu saja di lapangan golf. Kemunculan cabang olahraga baru ini rupanya juga menuai komentar bagi para penggemar olahraga golf. Seperti yang dikatakan oleh pemain sepakbola yang jua memiliki hobi bermain golf, Gareth Bale. Bale menanggapi munculnya Footgolf dengan sangat positif.

“Ya, menurut saya Footgolf ini merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup unik. Saya rasa ini akan membantu mensosialisasikan dua jenis olahraga sekaligus, yaitu golf dan sepakbola. Kebetulan saya berkarir secara profesional di sepakbola dan saya juga menyukai olahraga golf. Saya selalu bermain golf ketika ada waktu senggang. Saya pikir tidak ada salahnya saya mencoba bermain footgolf,” ujar Bale.

Upaya Mengatasi Mahalnya Biaya Bermain Golf

Presiden Footgolf Inggris, Mike O’Connor menyatakan rasa gembiranya atas dibangunnya pusat footgolf baru akan diresmikan di High Melton, Doncaster, Inggris pada Jumat 11 Juli kemarin. Pusat footgolf ini memiliki arena dengan 18 hole, ruang belajar, bar dan fasilitas katering, ruang ganti, dan toko pernak pernik footgolf. Menurut pengakuan Connor, fasilitas tersebut direncanakan akan buka setiap hari untuk umum.

Serunya bermain Footgolf
Serunya bermain Footgolf

“Kami sangat bangga untuk meluncurkan pusat footgolf nasional di High Melton yang mana akan membuka jalan dalam pengembangan olahraga, bukan hanya di Inggris, tapi juga di seluruh dunia. Ucapan terimakasih kami mesti ditujukan pada Doncaster College yang telah memberikan kepercayaan dala sepakbola dan mendukung proyek ini secara antusisas. Kami kini melihat ke depan untuk membuat sejarah sepakbola bersama-sama,” ujar O’Connor.

Target pasar footgolf ini kebanyakan keluarga dan bukan pebisnis, sebagaimana stereotip golf yang identik dengan olahraga pebisnis. Pemain tidak perlu membeli stick golf yang harganya bisa mencapai 100 dollar untuk bermain footgolf. Para pemain tinggal membeli sepatu olahraga biasa saja, bahkan tidak perlu sepatu sepakbola. Dan mulai bermain footgolf sambil menikmat suasana liburan di arena footgolf yang menenangkan.